Jumat, 18 Oktober 2013

Perencanaan penetapan manajemen “Minggu ke-2”



Perencanaan penetapan manajemen “Minggu ke-2”
A.    Defenisi Perencanaan (Planning)
            Perencanaan adalah cara berpikir mengenai persoalan-persoalan sosial dan ekonomi, terutama berorientasi pada masa datang, berkembang dengan hubungan antara tujuan dan keputusan – keputusan kolektif dan mengusahakan kebijakan dan program.
Menurut Wilson, Pengertian Perencanaan merupakan salah satu proses lain, atau merubah suatu keadaan untuk mencapai maksud yang dituju oleh perencanaan atau oleh orang/badan yang di wakili oleh perencanaan itu. Perencanaan itu meliputi : Analisis, kebijakan dan rancangan.

a)      Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang pengertian perencanaan
Mahasiswa dapat memahami penjelasan tentang pengertian Perencanaan(planning) dengan mempelajari lebih dalam tentang perencanaan yaitu suatu proses pemilihan dan pemikiran yang menghubungkan fakta-fakta berdasarkan asumsi-asumsi yang berkaitan dengan masa datang dengan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan tertentu yang diyakini diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dan menguraikan bagaimana pencapaiannya.

B.     Langkah-langkah dalam menyusun Perencanaan
Proses perencanaan terdiri dari 5 tahap :
a)      Penetapan Tujuan Organisasi
Penetapan tujuan awal organisasi merupakan bagian awal dari proses penyusunan
perencanaan. Tujuan organisasi ibarat kompas ayang dijadikan arah abgi     keputusan dan aktivitas organisasi.
b)      Mendefinisikan Situasi Sekarang (Berjalan)
            Seberapa jauh suatu organisasi gagal mencapai tujuan jangka pendeknya atau                                 berhasil mencapainya dan berbagai faktor apa yang berpengaruh ? pertanyaan ini                             tentunya sangat terkait dengan situasi sekarang atau situasi sedang berjalan.                         Pemimpin/manajer harus menyadari bahwa situasi dan keadaan sekarang                          sangat dipengaruhi oleh situasi dan    kondisi sebelumnya dan posisi sekarang                                  sangan dipengaruhi akan mempengaruhi situasi dan kondisi yang akan                                datang.
c)      Mengenal Dukungan dan Kendala
            Setiap penyususn rencana sebaiknya mengenal apa saja yang akan mendukung                               perencanaan yang disusum dan kendala apa saja yang merintanginya. Dengan                                mengenal dukungan dan kendala maka pemimpin/manajer akan dapat                                     mengantisipasi sedini mungkin tentang berbagai hal yang akan terjadi dari                            kemungkinan   yang terjelek    (terburuk) sampai kepada kemungkinan terbaik.
d)     Mengembangkan Premis Peerencanaan
Yang dimaksud premis disini adalah asumsi tentang lingkungan dimana organisasi itu berada. Lingkungan organisasi yang sedang berubah akan sangat mempengaruhi aktivitas organisasi, memaksa adaptasi operasi berjalan dan perlu peninjauan tentang segala tatanan yang ada dalam organisasi.
e)      Mengembangkan Metode Pegawasan Operasi Rencana
            Meskipun perencanaan berlum dilaksanakan  akan tetapi sebaiknya metode                                     pengawasan yang akan dilakukan telah ditetapkan terlebih dahulu. Didalam                                   metode pengaawasan  telah dperhitungkan berbagai permasalahan dan kendala di                           lapangan serta berbagai cara  menanggulanginya, jka metode pengawasan  tidak                               dipersiapkan terlebih dahulu  maka terjadi permasalahan atau kendala di lapangan                      maka metode pegawasannya cenderung kurang sistematis  dan cenderung bersifat                              acak.


                                i.            Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan langkah-langkah dalam menyusun perencanaan
dengan langkah-langkah perencanaan,setiap mahasiswa dapat memahami bagaimana cara menyusun perencanaan dengan baik dan apa saja langkah-langkah menyusun perencanaan,dengan mempelajari dari pendapat ilmu-ilmu seperti pendapat dari Abdulrachman (1973), Perencanaan adalah pemikiran rasional berdasarkan fakta-fakta dan atau perkiraan yang mendekat (estimate) sebagai persiapan untuk melaksanakan tindakan-tindakan kemudian.

Referensi :
Misalnya studi yang dilakukan oleh F. Delmar dan S. Shane, "Does Business Planning Facilitate the Development of New Ventures" Strategic Management Journal, December 2003, pp. 1165—1185.

R. Molz. "How Leaders Use Goals." Long Range Planning. Oktober 1987. p. 81.

Psikologi manajemen "Softskil"



Psikologi manajemen “Minggu ke 1”
A.  Apa itu manajemen
Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur / me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang di tetapkan..
                    i.            Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang pengertian Manajemen
Penjelasan dan pengertian manajemen dapat di pahami Mahasiswa dengan mempelajari apa itu manajemen psikologi dan hal apa saja yang dapat di lakukan,kaitan manajemen dengan  psikologi adalah mampu mengintervensi berbagai factor internal manusia spserti motivasi,sikap kerja,keterampilan,dsb,jadi sebagai mahasiswa dapat melakukan observasi dan wawancara ke suatu perusahaan bagaimana produktivitas perusahaan. Dengan itu mahasiswa mengerti apa itu manajemen psikologi atau apa kaitan psikolgi dengan manajemen

B.  Apa Itu Kepemimpinan
      Pemimpin adalah suatu lakon/peran dalam sistem tertentu; karenanya seseorang dalam peran formal belum tentu memiliki ketrampilan kepemimpinan dan belum tentu mampu memimpin. Istilah Kepemimpinan pada dasarnya berhubungan dengan ketrampilan, kecakapan, dan tingkat pengaruh yang dimiliki seseorang; oleh sebab itu kepemimpinan bisa dimiliki oleh orang yang bukan "pemimpin". George R. Terry (yang dikutip dari Sutarto, 1998 : 17) berpndapat Kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
                  ii.            Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang  pengertian kepemimpinan
Arti pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan/ kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.Mahasiswa dapat memahami pengertian kepemimpinan setelah mereka memahami apa itu kepemimpinan dan mempelajarinya,dengan itu mahasiswa dapat meng observasi kepemimpinan pada perusahaan,atau suatu usaha yang berkembang bagaimana kepemimpinan yang bener,dan mahasiswa dapat mengambil kesimpulan apa sebenarnya pengertian kepemimpinan.

Referensi :
a.       Purwanto, M. Ngalim. 1991. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Robbins, Stephen P. 2002. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.Thoha, Miftah. 1983. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.Servant Leadeship atau Kepemimpinan Hamba oleh Meme Mery, SE, Trainer di PT PHILLIPS, Inc JKT.
b.      Damayanti Ervina,M.A.Psikologi Manajemen,kebijakan dan uang,itulah psikologi dalam dunia bisnis
c.       Robert stopprd,Why You Need Management Psychology,Book  & Book,2000

Psikologi manajemen "Softskil"



Psikologi manajemen “Minggu ke 1”
A.  Apa itu manajemen
Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur / me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang di tetapkan..
                    i.            Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang pengertian Manajemen
Penjelasan dan pengertian manajemen dapat di pahami Mahasiswa dengan mempelajari apa itu manajemen psikologi dan hal apa saja yang dapat di lakukan,kaitan manajemen dengan  psikologi adalah mampu mengintervensi berbagai factor internal manusia spserti motivasi,sikap kerja,keterampilan,dsb,jadi sebagai mahasiswa dapat melakukan observasi dan wawancara ke suatu perusahaan bagaimana produktivitas perusahaan. Dengan itu mahasiswa mengerti apa itu manajemen psikologi atau apa kaitan psikolgi dengan manajemen

B.  Apa Itu Kepemimpinan
      Pemimpin adalah suatu lakon/peran dalam sistem tertentu; karenanya seseorang dalam peran formal belum tentu memiliki ketrampilan kepemimpinan dan belum tentu mampu memimpin. Istilah Kepemimpinan pada dasarnya berhubungan dengan ketrampilan, kecakapan, dan tingkat pengaruh yang dimiliki seseorang; oleh sebab itu kepemimpinan bisa dimiliki oleh orang yang bukan "pemimpin". George R. Terry (yang dikutip dari Sutarto, 1998 : 17) berpndapat Kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
                  ii.            Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang  pengertian kepemimpinan
Arti pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan/ kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.Mahasiswa dapat memahami pengertian kepemimpinan setelah mereka memahami apa itu kepemimpinan dan mempelajarinya,dengan itu mahasiswa dapat meng observasi kepemimpinan pada perusahaan,atau suatu usaha yang berkembang bagaimana kepemimpinan yang bener,dan mahasiswa dapat mengambil kesimpulan apa sebenarnya pengertian kepemimpinan.

Referensi :
a.       Purwanto, M. Ngalim. 1991. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Robbins, Stephen P. 2002. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.Thoha, Miftah. 1983. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.Servant Leadeship atau Kepemimpinan Hamba oleh Meme Mery, SE, Trainer di PT PHILLIPS, Inc JKT.
b.      Damayanti Ervina,M.A.Psikologi Manajemen,kebijakan dan uang,itulah psikologi dalam dunia bisnis
c.       Robert stopprd,Why You Need Management Psychology,Book  & Book,2000