Minggu, 07 Oktober 2012

Pedekatan Psikologi Terhadap Internet



A.Mengapa manusia membutuhkan atau tidak membutuhkan internet.
Semakin berkembangnya zaman, kebutuhan manusia pun semakin meningkat. Salah satunya adalah kebutuhan akan tekhnologi informasi, seperti halnya internet. Seperti yang kita ketahui, internet merupakan suatu sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. 
Saat awal internet muncul, keberadaannya tidaklah menjadi sebuah kebutuhan. Tidak banyak manusia yang berasa membutuhkan internet saat itu. Masih banyak hal yang dianggap lebih penting atau lebih dibutuhkan dibandingkan internet saat itu. Namun kini, internet menjadi sebuah kebutuhan, bahkan kebutuhan yang bersifat mendasar atau disebut dengan kebutuhan primer. Internet bukan hanya menjadi gaya hidup, tetapi menjadi kebutuhan hidup.

Pendekatan Psikologi :
Seiring dengan berkembangnya zaman, pola pemikiran dan perilaku manusia pun itu berkembang. Dari situlah kita dapat melihat keterikatan hubungan perkembangan zaman seperti perkembangan tekhnologi, dalam hal ini internet, dengan psikologi. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku setiap manusia dari yang tampak maupun tidak nampak,dari sisi fisik dan psikis. Pengaruh yang ditimbulkan dari perkembangan tekhnologi yaitu khususnya internet sedikit banyak mengubah cara dan pola perilaku manusia yang dapat kita lihat dan teliti dari segi ilmu psikologi. 
Jika di lihat dari sisi psikologi disinilah muncul hubungan yang cukup signifikan, yaitu :
  • Internet memberikan kemudahan dalam penyelenggaraan pendidikan psikologi.
  • Internet dapat membantu penyempurnaan bahan atau materi yang terdapat pada mata kuliah psikologi.
  • Internet dapat menyempurnakan penelitian yang berhungan dengan studi psikologi.
  • Internet yang dapat mengubah gaya hidup dan profil sang pengguna menjadi konsumtif.
  • Internet dapat mengubah cara pandang manusia ke depan.
  • Dengan aplikasi yang ada di internet dapat membuat pelajar menjadikannya sebagai teman pendamping mereka untuk mengisi waktu luang.




B.Dampak Positif fan negatif internet terhadap psikologi
Dampak Positif :
  • Terdapat banyak informasi yang  dapat dengan mudah diakses melalui internet. Informasi - informasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan atau referensi dalam bidang pendidikan dan pengetahuan. Informasi - informasi tersebut juga dapat meningkatkan wawansan bagi para pengguna internet yang mengaksesnya.
  • Internet juga sebagai media komunikasi. Dengan menggunakan internet kita dapat berkomunikasi dan menjalin silaturahmi tanpa dibatasi oleh tempat, dengan mudah, cepat dan praktis.
  • Internet dapat membantu banyak dalam berbagai aspek kehidupan manusia.
  • Membantu manusia dalam hal pekerjaan, seperti bisnis atau bidang pekerjaan lainnya. Hampir semua perusahaan memiliki website pribadi yang dapat membantu pekerjaan para karyawannya.
Dampak Negatif :
  • Penyalahgunaan informasi yang terdapat di internet. Hal ini dapat menyebabkan informasi yang didapatkan membawa keburukan bagi penggunanya karena salah dalam penggunaan.
  • Penipuan juga banyak terjadi di internet. Banyak orang - orang yang tidak bertanggungjawab menyalahgunakan internet sehingga merugikan orang lain.
  • Selain penipuan, orang - orang yang tidak bertanggungjawab tersebut juga banyak yang menggunakan internet untuk berjudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar