Minggu ke 3 :
Perencanaan Penetapan Manajemen
C. Manfaat
perencanaan
Perencananan
sangatlah penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari dari mulai kerja,
kuliah, maupun kegiatan lain. Sebelum kita melakukan suatu kegiatan harus sudah
mempunyai perecanaan yang baik, agar memperoleh hasil yang memuaskan. Dalam
manajemen , perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat
strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja
organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi
manajemen. Karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian,
pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan
Perencananan
sangatlah penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari dari mulai kerja,
kuliah, maupun kegiatan lain. Sebelum kita melakukan suatu kegiatan harus sudah
mempunyai perecanaan yang baik, agar memperoleh hasil yang memuaskan. Dalam
manajemen , perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat
strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja
organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi
manajemen. Karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian,
pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan.Dalam uraian diatas maka
setiap orang sudah mempunyai perencanaan dalam hidupnya, proses pembuatan
perencanaan mulai dari :
1. Menentukan tujuan perencanaan
2. Menentukan tindakan untuk mencapai tujuan
3. Mengembangkan dasar pemikiran kondisi
mendatang
4.
Mengidentifikasi cara untuk
mencapai tujuan
5. Mengimplementasi rencana tindakan dan
mengevaluasi hasilnya
D. Jenis
Perencaan Dalam Organisasi
1. Misi atau Maksud (Mission atau Purpose)
menggambarkan peranan atau maksud
keberadaan suatu organisasi pada masyarakat tertentu.
2. Tujuan
merupakan titik akhir dimana
aktivitas organisasi diarahkan. Strategi merupakan rencana umum/pokok untuk
mencapai tujuan organisasi.
3. Kebijakan
merupakan pernyataan atau pemahaman
umum yang membantu mengarahkan pengambilan keputusan (khususnya cara
berpikirnya).
4. Prosedur
merupakan serangkaian aktivitas
atau tindakan, yang lebih mengarahkan tindakan (bukan cara berpikir).
5. Aturan
merupakan rencana yang dipilih dari
beberapa alternatif, untuk dilakukan atau tidak dilakukan.
6. Program
merupakan jaringan kompleks yang
terdiri dari tujuan, kebijakan, prosedur, aturan, penugasan, langkah yang harus
dilakukan, alokasi sumber daya, dan elemen lainnya, berdasarkan alternatif
tindakan yang dipilih.
7. Anggaran
merupakan rencana yang dinyatakan
dalam angka.
Daftar Pustaka :
*Abdul, Mukhyi, Muhammad, Pengantar
Manajemen UmumI, Edisi pertama cetakan kedua, Universitas Gunadarma, Jakarta,
1995
Tidak ada komentar:
Posting Komentar